Posted by : tieamisu Monday, September 15, 2014

Sushi  adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Asal- usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi. Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama).

Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō  yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi atau ampas sake. Konon kebiasaan mengawetkan ikan dengan menggunakan beras dan cuka berasal dari daerah pegunungan di Asia Tenggara . Istilah sushi berasal dari bentuk tata bahasa kuno yang tidak lagi dipergunakan dalam konteks lain; secara harfiah, “sushi” berarti “itu (berasa) masam”, suatu gambaran mengenai proses fermentasi dalam sejarah akar katanya. 

Dasar ilmiah di balik proses fermentasi ikan yang dikemas di dalam nasi ialah bahwa cuka yang dihasilkan dari fermentasi nasi menguraikan asam amino dari daging ikan. Hasilnya ialah salah satu dari lima rasa dasar, yang disebut umami dalam bahasa Jepang.

Sampai tahun 1970-an sushi masih merupakan makanan mewah. Rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk merayakan acara-acara khusus, dan terbatas pada sushi pesan-antar. Dalam manga, sering digambarkan pegawai kantor yang pulang tengah malam ke rumah dalam keadaan mabuk. Oleh-oleh yang dibawa untuk menyogok istri yang menunggu di rumah adalah sushi. Walaupun rumah makan kaitenzushi yang pertama sudah dibuka tahun 1958 di Osaka, penyebarannya ke daerah-daerah lain di Jepang memakan waktu lama. Makan sushi sebagai acara seluruh anggota keluarga terwujud di tahun 1980-an sejalan dengan makin meluasnya kaitenzushi.

Keberhasilan kaitenzushi mendorong perusahaan makanan untuk memperkenalkan berbagai macam bumbu sushi instan yang memudahkan ibu rumah tangga membuat sushi di rumah. chirashizushi atau temakizushi dapat dibuat dengan bumbu instan ditambah nasi, makanan laut, tamagoyaki dan nori.


Kandungan dan manfaat sushi antara lain:

Ikan
Seperti yang sudah banyak diketahui orang, daging ikan segar kaya akan asam lemak omega 3 serta berbagai nutrisi bermanfaat lainnya. Menyantap daging ikan secara rutin mampu menyehatkan sistem saraf dan kardiovaskular. Tak hanya itu, ikan juga bermanfaat menurunkan tingkat kolesterol dan mencegah darah tinggi.

Cuka beras
Nasi yang digunakan untuk membuat sushi adalah nasi yang telah diberi cuka beras agar cita rasa sedikit asam mampu meningkatkan cita rasa daging ikan. Sebagai informasi, cuka beras memiliki efek antibakteri yang sangat tinggi serta bermanfaat menurunkan tingkat tekanan darah. 

Gari
Gari atau acar jahe juga lazim dinikmati sebagai hidangan pendamping sushi. Jangan pernah menyantap sushi tanpa gari karena acar istimewa ini ternyata dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah penyakit flu dan batuk.

Soyu
Menyantap sushi tak akan lengkap tanpa soyu atau kecap asin. Soyu mengandung protein dan zat besi yang tinggi. Tak hanya itu, soyu juga mampu membantu melancarkan pencernaan dan membunuh bakteri dalam lambung.

Nori
Beberapa jenis sushi seperti sushi roll menggunakan nori atau rumput laut kering untuk membungkus nasi. Nori mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan kaya akan vitamin, mineral dan iodine.

Wasabi
Saat membuat sushi, chef biasa memberikan sedikit wasabi untuk meningkatkan cita rasa sushi dan memberi sentuhan rasa pedas. Tapi ternyata wasabi juga memiliki manfaat kesehatan karena kaya akan vitamin C dan mengandung zat-zat antibakteri.

Ocha
 Ada alasannya mengapa masyarakat Jepang biasa menyantap sushi sambil meminum segelas ocha atau teh hijau. Minuman khas Jepang ini sangat baik bagi pencernaan dan mengandung zat antioksidan catechin yang efektif dalam mengeliminasi bakteri vibrio, bakteri yang sering menyebabkan keracunan makanan

Sumber: sumber 1  sumber 2


{ 13 comments... read them below or Comment }

  1. Aaaa i love sushi so much! Aku biasanya beli sushi di sushi tei, kalo kamu sering beli sushi dimana sist? ^^ bagi-bagi info tempat sushi paling enak donggg makasih :D

    ReplyDelete
  2. sushi nya kelihatan enak banget. Sebutin langkah-langkah bikin sushi dong Tiraaaaa . Biar bisa bikin di rumah nihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu pos selanjutnya ya:) makasih sudah mengunjungi blog ini

      Delete
  3. Woho, nice post. Btw, kasi cara buatnya skalian dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu pos selanjutnya ya:) terima kasih sudah mengunjungi blog ini

      Delete
  4. aku suka sushi!!! aku tunggu post tentang sushi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu pos selanjutnya ya:) terima kasih sudah mengunjungi blog ini

      Delete
  5. Kalau di Indonesia nih namanya lemper :v wkwkw...

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 Mungkin Info - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -